Search This Blog

China Sengaja Lemahkan Yuan, Ini Dampaknya

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, negara Republik Rakyat China sengaja melemahkan mata uangnya, yuan, untuk mendorong peningkatan ekspor. Upaya itu dilakukan negeri Tirai Bambu itu untuk menghadapi perang dagangnya dengan Amerika Serikat.

"Kelihatannya Tiongkok dalam menghadapi trade war itu mengambil langkah, memang membiarkan mata uangnya melemah karena dia ingin supaya ekspornya lebih murah di mana-mana," kata Darmin di kantornya, Rabu 25 Juli 2018.

Namun dampaknya, lanjut dia, mata uang negara lain di regional China juga ikut melemah kecuali Amerika Serikat. "Kita juga ikut melemah, yang tidak ikut melemah dolar (AS)," ujarnya.

Menurut mantan gubernur Bank Indonesia itu, China melemahkan mata uangnya melalui kebijakan Bank Sentral China menyalurkan dananya ke perbankan. "Termasuk mengubah semacam giro wajib dalam jumlah yang cukup besar. Itu semua menunjukkan bahwa mereka memang secara sadar menginginkan mata uangnya melemah," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Darmin, dalam dua pekan terakhir pelemahan mata uang regional termasuk rupiah masih terus berjalan.

Lihat Juga

"Tapi sebenarnya, penyebab utamanya (rupiah) bukan langkah yang ditempuh Tiongkok, tapi bank sentral Amerika juga menjelaskan mereka akan mendorong supaya istilah yang mereka pakai inflasinya meningkat. Artinya mereka akan menaikkan suku bunga," katanya.

Darmin menangkap fenomena itu bisa menjadi pelajaran bagi Indonesia untuk mengambil kebijakan yang terbaik agar jangan terlalu terseret dalam kondisi global tersebut. Walaupun, imbuh dia, Indonesia tidak bisa sepenuhnya menghindar. Pemerintah akan tetap memperhatikan situasi tersebut.

"Kebijakan-kebijakan yang ditempuh oleh bank sentral, dan pemerintah, serta OJK tentu saja, itu ya harus semakin dikonkretkan. Rencananya besok itu juga Presiden akan mengumpulkan para eksportir untuk mendorong supaya eksportir kita semakin giat melakukan ekspor," ucapnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1057855-china-sengaja-lemahkan-yuan-ini-dampaknya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "China Sengaja Lemahkan Yuan, Ini Dampaknya"

Post a Comment

Powered by Blogger.