Search This Blog

Cerita Bos Bukalapak Awal Bangun Bisnis Banyak yang Tertawakan

Jakarta - Kesuksesan memang tidak pernah datang begitu saja, harus diraih dari kerja keras. Hal itu lah yang dialami langsung oleh Founder & CEO Bukalapak Achmad Zaky.

Zaky membagikan pengalamannya pada saat menjadi pembicara kunci di acara nasional seminar entrepreneurship Indonesia 4.0.

Awal membangun Bukalapak banyak rintangan yang dihadapi, salah satunya adalah sulitnya membuat percaya investor bahwa model bisnis baru ini bisa berkembang menjadi perusahaan besar.


"Proposal saya Rp 100 juta, banyak yang tanya ini bisnis apa, bisnisnya nggak kelihatan, banyak yang mentertawakan. Sebuah bisnis harus kelihatan barangnya, sehingga investor percaya. Saya pulang kecewa, lemas nggak dapat investor," kata Zaky di Hotel Pullman, Jakarta, Sabtu (28/7/2018).

Awal pembentukan Bukalapak, kata Zaky juga terinspirasi dari pengalamannya di masa kuliah. Saat masih menjadi mahasiswa tingkat III, dirinya tiba-tiba mendapatkan sebuah proyek dari stasiun televisi nasional untuk membuatkan program perhitungan cepat atau qiuck count.

Tidak perlu pikir panjang, Zaky pun mengiyakan tawaran tersebut dengan alasan banyak referensi pembuatan program tersebut di mesin pencari seperti Google.


"Saya pikir ini kesempatan, mendapatkan proyek langsung, nilai proyeknya Rp 1,5 juta, dikasih 7 hari, coding, ternyata pas hari H software saya yang dipakai, dan itu bisa ditonton jutaan masyarakat Indonesia," ujar dia.

Meski bangga karena produknya memberikan manfaat banyak ke masyarakat, namun dirinya mengaku gusar lantaran nilai proyek tersebut ternyata Rp 200 juta.

"Kebayang nggak pointnya, karena fokus melakukan keberanian itu dari situ saya belajar, kenapa saya berani mengeluarkan Bukalapak, karena dari quick count itu tangga awal Bukalapak, karena saya pernah," kata dia.

"Jadi Bukalapak itu nggak ada modal, jadi butuh keberanian," lanjut Zaky.


Adapun pengalaman yang membuat dirinya seperti sekarang ini, salah satunya kegagalan demi kegagalan. Menurut dia, kegagalan adalah proses yang membuatnya sukses seperti sekarang ini.

"Justru karena gagal itu kita lebih berhasil, sebenarnya yang gak diketahui adalah keberanian lebih, jadi mungkin mirip kalau kita punya anak, kalau dia jatuh jalan nggak pernah marahin, treatment inovasi mirip didik anak," tutup dia.

Tonton juga video: 'Bukalapak Bangun Pusat Riset dan Pengembangan di 4 Kota'

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini https://finance.detik.com/sosok/d-4138460/cerita-bos-bukalapak-awal-bangun-bisnis-banyak-yang-tertawakan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Bos Bukalapak Awal Bangun Bisnis Banyak yang Tertawakan"

Post a Comment

Powered by Blogger.