Search This Blog

Kasner Sirumapea, Auditor yang Bikin Laporan Keuangan Garuda Kinclong - detikFinance

Jakarta - Kementerian Keuangan melalui Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (P2PK) memberikan sanksi pencabutan izin akuntan publik yang mengaudit laporan keuangan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) tahun buku 2018 yaitu Kasner Sirumapea. Selama 12 bulan Kasner dilarang beroperasi.

Dalam lama resmi BDO Indonesia, Kantor Akuntan Publik (AKP) yang mengaudit Laporan Keuangan Garuda 2018 ini resmi bergabung pada 2012. Pria yang merupakan sarjana akuntansi dari Universitas Sumatera Utara ini sudah 19 tahun berpengalaman di KAP besar di Indonesia.

Kasner juga memiliki sertifikasi sebagai akuntan publik dan tercatat sebagai anggota Institut Akuntan Publik Indonesia. Di BDO Kasner berstatus sebagai Partner.


Sebelum bergabung dengan BDO, Kasner juga tercatat Partner di KAP Osman Bing Satrio-Deloitte. Ia bekerja di KAP ini sejak 2008 hingga 2012.

Kementerian Keuangan menemukan pelanggaran berat dalam laporan keuangan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Tanubrata, Sutanto, Fahmi dan Rekan (member BDO International).

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan auditor tidak menerapkan sistem pengendalian mutu dalam pemeriksaan laporan Garuda Indonesia.

Atas kesalahan yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan melalui Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (P2PK) mengenakan sanksi pembekuan izin.

"Dari pemeriksaan yang kami lakukan melelui P2PK setelah melalui proses, juga kami menemukan bahwa pelaksanaan audit itu terutama satu isu yang jadi perhatian bersama telah diyakini terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh auditor dari KAP (Kantor Akuntan Publik)," kata Hadiyanto.


Artikel asli berita ini bisa dilihat di CNBC Indonesia melalui tautan berikut ini: Siapa Kasner Sirumapea, Auditor Garuda yang Dicabut Izinnya? (ang/ang)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-4603834/kasner-sirumapea-auditor-yang-bikin-laporan-keuangan-garuda-kinclong

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kasner Sirumapea, Auditor yang Bikin Laporan Keuangan Garuda Kinclong - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.