Search This Blog

Sumur Minyak di Batumandi Bisa Produksi 350 Barel/Hari - detikFinance

Jakarta - PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya, Pertamina EP akan mengebor sumur di daerah Batumandi, Langkat, Sumatera Utara. Nantinya, sumur ini diproyeksikan dapat memproduksi minyak sebesar 350 barel per hari.

Menurut nantinya General Manager Pertamina EP Asset I, Rizal Risnul Wathan sumur yang nantinya akan di tajak tanggal 1 Januari 2019 ini rencananya dapat memproduksi 350 barel per hari. Potensi cadangan minyak di Batumandi sebesar 5,7 juta barrel.

"Kita rencanakan laju produksi awal sumur ini sebesar 350 barel per hari. Kalau cadangan minyak ada 5,7 juta barel di dalamnya," kata Rizal di lokasi sumur BTM-B1, Batumandi, Minggu (30/12/2018).

Rizal juga mengatakan tajak sumur ini nantinya akan memakan biaya sebesar US$ 7,1 juta. Pihaknya pun kembali lagi bekerja sama dengan PT. PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI), salah satu anak usaha Pertamina lainnya.

"Total investasi kita untuk pemboran BTM-B1 sebesar US$ 7,1 juta. Kita kerja sama dengan PDSI lagi dalam pemboran ini, nantinya tajak akan menggunakan RIG N-110UE/59 dengan kapasitas 1.500 host point," ungkapnya.

Terakhir, Rizal menambahkan produksi minyak mentah di lapangan migas Pangkalan Susu hingga kini sebesar 450 barrel per hari. Angka tersebut diperoleh dari 40 sumur aktif disana.

Daerah Batumandi sendiri pernah dieksplorasi sejak tahun 1974, dan terakhir di bor pada tahun 1975. Awalnya daerah Batumandi diolah Pertamina dengan konsep Technical Assistant Contract (TAC) bersama PT. Putra Batumandi Petroleum.

Lalu, diambil alih pengelolaannya kembali secara penuh oleh Pertamina sejak Mei 2017, karena kontrak TAC telah habis. Tahun 2018 sendiri Pertamina EP melakukan kembali ekplorasi di Batumandi, dan akan melalukan pengeboran kembali sejak 43 tahun pada 1 Januari 2019. (zlf/zlf)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini https://finance.detik.com/energi/d-4364731/sumur-minyak-di-batumandi-bisa-produksi-350-barelhari

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sumur Minyak di Batumandi Bisa Produksi 350 Barel/Hari - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.