Search This Blog

Jokowi Sebut IHSG Terbaik Ke-2 Dunia, BEI: di ASEAN Kita Tertinggi - detikFinance

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup perdagangan saham 2018 hari ini. Dalam sambutannya, Jokowi menyebut Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terbaik kedua di dunia.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi pun memberi penjelasan terkait hal tersebut. Dia mengatakan, pemeringkatan itu karena IHSG termasuk yang mengalami penurunan paling kecil di dunia.

"Kita gini lho, kalau (IHSG) per sekarang di bawah 3%, Asia sudah yang terbaik lho. Kita di bawah India maksudnya. Di ASEAN kita tertinggi," kata dia di BEI Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Inarno mengatakan, hampir semua bursa di Asia 'memerah' secara tahun berjalan. Di tingkat dunia, indeks Dow Jones saja minus 7%.
"Negatif semua, Dow Jones itu sekarang berapa saya tanya kamu year to date 7% minusnya, kita less than 3%," terangnya.

Menurutnya, kondisi itu karena ekonomi Indonesia positif. Inflasi Indonesia juga tercatat rendah.

"Kita ekonomi kondusif, kita punya inflasi rendah Pak Jokowi bilang juga kan, jadi kepercayaan asing terhadap kita luar biasa," terangnya.

"Kita ini tahun ini record untuk company listed 57 terbesar Asia, kenaikan SID di atas 30% jadi maksudnya prospek asing melihat kita tuh very sexy," tutupnya.


Menurut Wimboh, mengacu kepada data yang dimiliki OJK pada 27 Desember 2018, IHSG berada di bawah pertumbuhan bursa India.

Menurut data OJK, Indeks Acuan pasar saham dunia 2018, hanya pasar modal India yang menguat 5,32%. Sementara indeks saham negara lain tercatat turun.

Masih berdasarkan data OJK, IHSG mengalami penurunan paling kecil, yakni hanya 2,6%. Sehingga indeks saham di pasar modal Indonesia berkinerja paling baik kedua setelah India.

Sayangnya data itu berbeda dengan data dari PT Bursa Efek Indonesia sendiri yang menggunakan data 27 Desember 2018. Rata-rata bursa di dunia memang mengalami koreksi tahun ini.


Namun ada beberapa bursa yang masih tumbuh positif, misalnya India yang naik 5,32% (hingga perdagangan kemarin) juga Brasil yang melesat 11,43%.

Selain itu, masih ada juga Qatar tumbuh 20,36%, Rusia 10,43%, Saudi Arabia 7,37% dan Norwegia 0,42%. Sementara Bursa Indonesia masih mencatat pertumbuhan minus. (das/das)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-4362807/jokowi-sebut-ihsg-terbaik-ke-2-dunia-bei-di-asean-kita-tertinggi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Sebut IHSG Terbaik Ke-2 Dunia, BEI: di ASEAN Kita Tertinggi - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.