Search This Blog

Freeport Siap Investasi US$ 20 M di Tambang Bawah Tanah hingga 2041 - detikFinance

Jakarta - PT Freeport Indonesia (PTFI) akan melakukan investasi sebesar US$ 20 miliar hingga 2041 untuk mengembangkan tambang bawah tanah di Papua.

Hal itu diungkapkan CEO Freeport-McMoran Inc Richard Adkerson di komplek Istana, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018).

"Selanjutnya PTFI di Grasberg akan bertransisi dari tambang terbuka yang beroperasi sejak 1990 menjadi tambang terbesar bawah tanah. Ini membutuhkan investasi besar US$ 20 miliar sampai 2041," kata Adkerson.


Komitmen investasi itu, kata Adkerson lantaran PTFI sudah menerima IUPK dari yang sebelumnya masih dalam kontrak karya (KK). Perubahan kontrak itu, kata Adkerson, memberikan kepastian hukum dan menjadi pegangan PTFI beroperasi di Indonesia sampai 2041.

"Saya mengucapkan terima kasih atas solusi ini dan juga kepada Presiden. Akhirnya kita bisa melanjutkan operasi hingga 2041 dan stabilitas fiskal. Kita juga akan bangun smelter sesuai arahan presiden dan akan dimulai secepatnya selesai dalam lima tahun," ungkap dia.

Pemerintah lewat PT Inalum (Persero) resmi membeli sebagian saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Dengan demikian, kepemilikan saham Indonesia atas PTFI meningkat dari 9% menjadi 51%.


Dengan kesepakatan ini, Adkerson juga berkomitmen akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan smelter atau pabrik pengolahan dan pemurnian konsentrat.

Tidak hanya itu, pihak Freeport Indonesia juga akan mengawal proses transisi pengoperasian, produksi, hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

"Ke depan adalah operasi tambang kami, menciptakan lapangan kerja, keuntungan untuk warga Papua," ungkapnya. (hek/dna)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini https://finance.detik.com/energi/d-4354660/freeport-siap-investasi-us-20-m-di-tambang-bawah-tanah-hingga-2041

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Freeport Siap Investasi US$ 20 M di Tambang Bawah Tanah hingga 2041 - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.