Search This Blog

Ujicoba Dinamis Memuaskan, Menhub Akan Gratiskan Masyarakat Satu Minggu Naik LRT

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi beserta rombongan melakukan uji coba dinamis satu trainset kereta api ringan atau light rail transit (LRT) di Depo Jakabaring Palembang, Minggu (27/5/2018).

Mentri asli wong kito ini mencoba transportasi anyar tersebut dari di Stasiun Jakabaring Palembang hingga Stasiun OPI Mall sepanjang 900 meter dengan kecepatan kereta 35 kilometer per jam.

Tak hanya sendiri, dalam ujicoba itu Budi didampingi langsung oleh Direktur Utama PT Waskita Karya, Direktur Utama PT LEN Industri dan Direktur Utama PT INKA.

Baca: Jajal Uji Coba Dinamis LRT Sumsel Menhub Budi Sebut Segini Kecepatan Maksimalnya

 Budi mengatakan, ujicoba dinamis tersebut sebenarnya sudah dilakukan secara tertutup pada pekan lalu. Hanya saja, kedatangannya untuk memastikan apakah fasilitas penunjang Asian Games 2018 itu benar-benar sudah dapat melintas atau tidak diatas rel.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi beserta rombongan melakukan uji coba dinamis satu trainset kereta api ringan atau light rail transit (LRT) di Depo Jakabaring Palembang, Minggu (27/5/2018).
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi beserta rombongan melakukan uji coba dinamis satu trainset kereta api ringan atau light rail transit (LRT) di Depo Jakabaring Palembang, Minggu (27/5/2018). (SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA)

"Tadi sudah kita lakukan dengan jarak 900 meter dan kecepatan kereta 35 kilometer per jam. Hasilnya memuaskan dan berlangsung dengan baik," katanya.

 Ia menerangkan, berhasilnya uji coba ini sebagai bentuk keberhasilan atas kinerja dan usaha dari tiga BUMN yang terlibat.

Diantaranya PT Waskita Karya sebagai kontraktor, PT LEN Industri sebagai pengelola sistem dan PT INKA sebagai penyedia kereta.

Baca: Sedikit Deg-degan, Mentri Budi Karya Sumadi Beserta Awak Media Ikut Uji Coba Dinamis LRT

"Nanti ujicobanya bertahap, kecepatan bisa sampai 85 kilometer per jam," terang Budi.

Dari hasil tinjauannya Budi mengaku sangat puas dan tak ada permasalahan berarti. Sebagai moda transportasi baru dan modern ia ingin agar LRT tersosialisasi dengan baik, masyarakat juga akan terus diedukasi mengenai keberadaan LRT Sumsel.

Bahkan nantinya selama satu minggu operasional LRT, pihaknya akan menggratiskan kepada masyarakat Palembang yang ingin uji coba menggunakan jasa LRT ini.

"LRT ini transportasi modern dan canggih. Harapan kita LRT jadi moda transportasi masyarakat dan dapat mengubah lifestyle dalam berkendara," harapnya.

Baca: Butuh Penanganan Ekstra, 2 Trainset LRT Segera Dikirim Kembali dari Madiun ke Palembang

Meski ditarget dapat beroperasi pada pertengahan Juli, namun Budi mengakui belum semua stasiun LRT yang selesai. Dipastikan baru ada 6 stasiun yang dapat difungsikan.

Adapun keenam dari 13 stasiun yang disebut dapat difungsikan yakni stasiun Bandara SMB II Palembang, stasiun Palembang Icon, stasiun Pasar Cinde, stasiun Jembatan Ampera, stasiun Jakabaring, dan stasiun OPI

"Paling tidak ada 6 stasiun yang selesai. Syukur bila bisa bertambah. Sudah ada dua trainset di Palembang ini. Kita akan mendapatkan pengiriman kembali pada 30 Juni mendatang," jelas Budi. 

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini http://palembang.tribunnews.com/2018/05/27/ujicoba-dinamis-memuaskan-menhub-akan-gratiskan-masyarakat-satu-minggu-naik-lrt

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ujicoba Dinamis Memuaskan, Menhub Akan Gratiskan Masyarakat Satu Minggu Naik LRT"

Post a Comment

Powered by Blogger.