Search This Blog

Tol Fungsional Pemalang-Batang di Beberapa Titik Masih Tanah Merah

TRIBUNJOGJA.COM - Salah satu ruas Tol Trans Jawa yang perlu mendapat perhatian penting dari pemerintah adalah Tol Pemalang-Batang. Sebab, banyak titik yang belum rampung pada proyek sepanjang 39,2 kilometer ini.

Konsesi Jalan Tol Pemalang-Batang dimiliki PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR), anak usaha dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Jalan tol ini terbagi ke dalam empat paket pekerjaan dan akan dibuka fungsional saat Lebaran 2018 mendatang.

Catatan cukup positif terlihat terutama untuk Paket 1 (6,5 kilometer) dan Paket 2 (5,5 kilometer) yang digarap langsung oleh PBTR.

Jalur yang nantinya akan digunakan para pemudik terpantau sudah dilakukan perkerasan, baik dengan menggunakan rigid pavement maupun aspal untuk kedua lajurnya.

Terpantau, beberapa alat berat merapikan pekerjaan urukan yang belum selesai pada pekerjaan Paket 1.

Sementara, memasuki pekerjaan Paket 2, jalan berlapis aspal terlihat mendominasi. Namun, memasuki pekerjaan Paket 3 sepanjang 17,8 kilometer, tanah merah justru menjadi pemandangan utamanya.

Permukaan jalan yang masih berupa tanah merah pada pekerjaan Paket 3 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2018).
Permukaan jalan yang masih berupa tanah merah pada pekerjaan Paket 3 Tol Pemalang-Batang, Sabtu (26/5/2018). ()

Pekerjaan untuk paket ini tidak dilakukan oleh PBTR, melainkan PT Sumber Mitra Jaya (SMJ).

Jalan terputus di Jembatan Sereng Baru, lantaran konstruksi penghubungnya belum rampung. Beberapa ekskavator terlihat sibuk menguruk tanah untuk mendapatkan ketinggian yang pas.

Hal ini membuat titik tersebut terputus, sehingga kendaraan harus sedikit keluar jalur tepat di sisi kanan jalan tol untuk melintasinya.

"Jadi di bawah ini kan tanah lunak, (perlu) dipelur, dikasih semen, kasih besi. (Targetnya) selesai hari ini, tinggal diuruk saja," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini http://jogja.tribunnews.com/2018/05/26/tol-fungsional-pemalang-batang-di-beberapa-titik-masih-tanah-merah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tol Fungsional Pemalang-Batang di Beberapa Titik Masih Tanah Merah"

Post a Comment

Powered by Blogger.