Search This Blog

Ingin tahu seberapa keren internet super cepat bikin masa depan #JadiLebihBaik?

Merdeka.com - Internet sudah jadi salah satu bagian yang nggak terpisahkan dari kehidupan masyarakat urban modern. Mulai dari mendapatkan informasi terkini, mendukung komunikasi dengan orang lain lewat jejaring sosial dan aplikasi perpesanan, mendapatkan hiburan, sampai membantu pekerjaan.

BERITA TERKAIT

Jadi, bukan hal yang mengherankan kalau banyak orang kini mengharapkan jaringan internet super cepat buat mendukung berbagai aktivitas sehari-hari. Pertanyaannya, ada nggak sih jaringan internet yang kecepatannya sesuai atau bahkan melebihi ekspektasi? Ada kok! Kenalan dulu dengan teknologi internet super cepat yang yang digagas XL Axiata, yuk!

XL Axiata menggelar event Press Conference dan Demo XL Axiata Internet Super Cepat yang memperkenalkan dua teknologi terbarunya, yaitu WiGig (Wireless Gigabit) dan 5G yang bikin masa depan #JadiLebihBaik. Dimeriahkan oleh para influncer ternama tanah air, acara ini juga menampilkan demo speed test untuk menunjukkan kecepatan akses internet super cepat yang digagas oleh provider telekomunikasi tersebut.

Seiring dengan teknologi yang terus berevolusi, XL Axiata memperkenalkan WiGig yang merupakan jaringan Wi-Fi generasi kedua yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat modern. Keunggulan yang ditawarkan adalah WiGig mampu memberikan akses kecepatan hingga 7Gbps.

Berbekal teknologi WiGig, pengguna bisa menikmati jaringan stabil dan secepat fiber optic, tanpa perlu membangun infratruktur fiber optic. Bagi yang ingin merasakan koneksi internet masa depan yang diusung XL Axiata, kamu bisa langsung menjajal WiFi dengan mengunjungi area Kota Tua Taman Fatahillah yang berlangsung mulai 21 Agustus 3 September 2018.

Teknologi selanjutnya yang juga diperkenalkan XL Axiata dalam event kali ini adalah Teknologi Mobile 5G yang menjadi jaringan generasi terbaru. Soal kecepatan nggak perlu diragukan lagi, koneksi 5G ini mampu memberikan kecepatan hingga 20 Gbps.

2018 Merdeka.com

Rekan media dan tamu undangan yang hadir dalam press conference ini bisa langsung merasakan beberapa pengalaman showcase yang disediakan oleh XL Axiata. Salah satunya Virtual Reality Experience yang merupakan teknologi terbaru untuk melihat Kota Tua secara lebih luas dan nyata.

Nah, khusus untuk teknologi terbaru yang diusung oleh XL Axiata, yaitu 5G, dapat sekaligus menjadi jawaban atas berbagai permasalahan perkotaan lewat konsep smart city. Nggak hanya sekadar menunjukkan kecepatan jaringan, tapi XL Axiata juga mencoba menerapkan teknologi tersebut pada sejumlah aktivitas pengelolaan lingkungan perkotaan. Mulai dari pengelolaan sampah, taman, pemeliharaan kebersihan sungai, serta WiGig untuk CCTV dan layanan internet kecepatan tinggi lewat koneksi Wi-Fi yang bisa langsung dicoba gratis oleh pengunjung di sekitar area demo.

Dalam acara tersebut, hadir juga Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Kepala Jakarta Smartcity Pemprov DKI, Setiaji, dan Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini.

"Uji coba layanan 5G kali ini juga memiliki nilai strategis sebagai fondasi untuk implementasi dan pengembangan layanan 5G di masa mendatang. XL Axiata cukup yakin, selain kalangan industri, manfaat dari layanan 5G juga akan bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Bahkan, dengan berbagai keunggulannya, dengan cepat masyarakat akan mengadopsinya. Dengan demikian maka implementasi 5G akan menghadirkan efisiensi bagi operator karena jumlah pelanggan atau masyarakat yang menikmati data yang berkualitas ini akan semakin banyak," jelas Dian.

Menkominfo pun mengungkapkan dukungannya pada pemanfaatan teknologi informasi yang dibawa oleh XL Axiata tersebut.

2018 Merdeka.com

Kemenkominfo mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan digital tercanggih yang ada saat ini untuk bisa diterapkan sebagai solusi pada berbagai bidang, termasuk pengelolaan fasilitas publik. Saya menyambut baik antusiasme Pemprov DKI Jakarta dan juga XL Axiata untuk melakukan uji coba 5G ini yang kita harapkan bisa memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kemungkinan penerapan 5G ini dalam sistem Smartcity di DKI Jakarta. Saya melihat teknologi 5G ini bisa diterapkan di banyak hal untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien, tidak hanya di DKI Jakarta, tetapi juga di kota-kota lainnya mana kala nanti jaringan 5G sudah tersedia. Ungkap Rudiantara.

Selain memberikan kecepatan hingga 20Gbps yang stabil, teknologi 5G dari XL Axiata ini juga mampu memberikan koneksi yang mudah kepada siapapun, baik itu user individu maupun industrial. Biaya operasionalnya pun lebih efisien.

Teknologi 5G ini juga dipergunakan perangkat end-to-end radio dan core yang terhubung ke perangkat pengguna, dengan rekuensi khusus yaitu 28 Ghz. Sementara WiGig menggunakann frekuensi 60Ghz menggunakan end-to-end system yang terhubung ke perangkat home unit sehingga masyarakat umum di Kota Tua bisa menikmati layanan internet super cepat secara gratis.

Terkait ujicoba WiGig, semua pengguna layanan bisa ikut mencoba dan menikmati kecanggihannya secara cuma-cuma hingga dua minggu ke depan per hari ini. Layanan ini hanya bisa diakses di area Kota Tua, Jakarta Barat, persisinya di sekitar Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa, Kafe Batavia dan Kantor Pos Kota Tua. Untuk bisa menikmati WiGig ini pelanggan perlu menggunakan homeunit yang memiliki spesifikasi teknologi wigig (802.11ad /802.11ay) atau menggunakan smartphone dengan spesifikasi teknologi wifi umumnya (802.11a/b/g/n) maupun smartphone dengan teknologi wifi terbaru (802.11ac).

Gambaran internet super cepat yang membuat masa depan #JadiLebihBaik semakin jelas di depan mata setelah merasakan sendiri kerennya teknologi 5G dan WiGig yang diusung oleh XL Axiata. Datang langsung ke area Kota Tua untuk merasakan sendiri kecepatan teknologi internet terbaru tersebut, ya! [aki]

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini https://www.merdeka.com/teknologi/ingin-tahu-seberapa-keren-internet-super-cepat-bikin-masa-depan-jadilebihbaik.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin tahu seberapa keren internet super cepat bikin masa depan #JadiLebihBaik?"

Post a Comment

Powered by Blogger.