Search This Blog

Merasakan Perjalanan dengan Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta, CNN Indonesia -- Kereta Api (KA) ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta resmi beroperasi mulai hari ini. Sejak pagi tadi Stasiun Sudirman Baru dipadati penumpang yang ingin menjajal kereta itu.

Desain bagian dalam Stasiun Sudirman Baru mirip dengan desain Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Di sekitar stasiun masih terdapat bahan bangunan sehingga belum betul-betul rapi.

Di lantai dua terdapat ruang tunggu penumpang dan tempat makan. Untuk saat ini, tempat makan itu belum dibuka.

Penumpang bisa membeli tiket melalui vending machine atau mesin penjual secara nontunai yang berada di lantai dua.

Kartu kredit atau debit bank apa pun bisa digunakan, namun kartu dari bank BCA belum bisa digunakan. Di samping itu, PT Kereta Api Indonesia juga perlu melakukan sosialisasi agar masyarakat tahu bahwa tiket dibeli secara nontunai. 

Pada vending machine terdapat pilihan membeli tiket, ada tiket reguler dan cadangan atau tiket reserve. Dalam beberapa waktu ke depan, hanya tiket reguler yang bisa dibeli.

Sebelum memilih stasiun tujuan, penumpang diminta menuliskan nama, nomor telepon dan email. Konfirmasi pembelian tiket akan dikirim ke email yang ditulis.

Setiap keberangkatan, satu set kereta terdiri dari enam gerbong dengan kapasitas 270 orang. Setiap gerbong dilengkapi tempat menyimpan barang di atas.

Penumpang bisa menaiki kereta 20 menit sebelum berangkat ke tempat tujuan. Tak ada nomor kursi sehingga penumpang bisa duduk secara bebas.

Kursi ditata masing-masing dua di sebelah kanan dan kiri. Kemiringan sandaran kursi bisa diatur sesuai keinginan, sandaran tangan di sebelah kanan dan kiri juga demikian.

Jarak antara kursi cukup luas sehingga penumpang bisa duduk dengan nyaman.

Merasakan Perjalanan dengan Kereta Bandara Soekarno-HattaVending machine atau tempat penjualan tiket kereta api bandara Soetta di Stasiun Sudirman Baru. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Di bagian tengah kursi terdapat tempat untuk mengisi daya telepon genggam. Penumpang hanya perlu memiliki kabel USB untuk mengisi daya.

Pada empat gerbong yang berada di tengah disediakan tempat penyimpanan barang di sebelah pintu masuk. Tempat itu disiapkan untuk barang bawaan yang besar.

Pada setiap dua gerbong yang berada diujung tidak terdapat penyimpanan barang besar. Namun pada setiap gerbong itu terdapat dua kamar kecil.

Untuk saat ini, operasional kereta bandara baru melayani tiga dari lima stasiun yang direncanakan, yaitu Stasiun Sudirman Baru, Batu Ceper dan Bandara Soekarno-Hatta. Kurang lebih durasi perjalanan selama 55 menit dari Stasiun Sudirman Baru ke bandara.

Pada tahap selanjutnya, jika pembangunan peron di Stasiun Manggarai selesai, maka KA Bandara akan melayani mulai dari Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Duri, Batu Ceper dan berakhir di Bandara Soekarno-Hatta.

Diperkirakan durasi perjalanan akan lebih lama bila kereta melalui lima stasiun.

Merasakan Perjalanan dengan Kereta Bandara Soekarno-HattaPenumpang kereta bandara Soetta menyaksikan pemandangan luar kereta melalui jendela yang cukup lebar. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Stasiun Bandara Soekarno Hatta juga memiliki desain bagian dalam yang mirip dengan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Kemungkinan hal itu dilakukan agar stasiun serasi dengan terminal.

Dua ruang tunggu penumpang berada di lantai dasar. Ruangan itu lebih besar dari ruang tunggu di Stasiun Sudirman Baru. Ke depan, di lantai dasar akan dibuat tempat makan.

Penumpang bisa menuju terminal 1,2 dan 3 menggunakan sky train di lantai dua. Di ruang tunggu sky train disediakan kursi untuk penumpang.

Di lantai dua merupakan ruang kendali kereta dan kantor petugas KA. Nanti di lantai itu juga akan dibuat tempat makan.

Di beberapa sudut masih ada pembangunan di Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Pada beberapa ruangan masih tercium bau cat. (wis/djm)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171226163724-92-264868/merasakan-perjalanan-dengan-kereta-bandara-soekarno-hatta

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Merasakan Perjalanan dengan Kereta Bandara Soekarno-Hatta"

Post a Comment

Powered by Blogger.