Search This Blog

Terungkap! Menko Darmin yang Ingin Atur Tiket Pesawat News - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, memutuskan membawa persoalan tiket pesawat di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Pembahasan bersama Darmin bakal dilanjutkan pada awal pekan depan.

"Hari Senin mungkin ada pembicaraan dengan Menko Perekonomian juga," kata Budi Karya Sumadi di Hotel Grand Mercure Jakarta, Kamis (25/4/2019) malam.


Ikut campurnya Darmin dalam urusan tiket pesawat memang cukup mengherankan. Seolah-olah Menhub tak lagi mampu berkoordinasi dengan para maskapai sehingga menyerahkan ke Darmin. Namun, Menhub membantah anggapan itu.


"Bukan melibatkan Menko, tapi Menko-nya ingin terlibat," tuturnya.

Terlepas dari kontroversi tumpang tindih wewenang itu, Menhub ingin bahwa maskapai penerbangan RI kian produktif. Menurutnya, produktivitas maskapai dapan bermanfaat pada pembangunan dalam negeri.

Terungkap! Menko Darmin yang Ingin Atur Tiket PesawatFoto: Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution dalam acara acara Rakornas Investasi 2019 (CNBC Indonesia/Iswari Anggit)

"Nah memang layanan dan safety menjadi PR bagi kita, besok mungkin ada sesi-sesi tertentu di mana industri bicara tentang apa ekspetasi mereka," tandasnya.

Budi Karya menilai bahwa aspek komersial dari industri penerbangan cukup rumit. Hal ini tidak lepas dari kompetisi di tingkat internasional yang begitu ketat.

"Sebagian negara menjadikan itu sebagai corong industri di negaranya. Sehingga perlu memberikan subsidi pada industri penerbangan. Nah untuk itu kita harus dengan cara-cara tertentu yang memang bisa dibicarakan teman-teman," urainya.

Di satu sisi, Menhub menegaskan bahwa keinginan untuk mendapatkan keuntungan harus didukung bersama. Di sisi lain, daya beli masyarakat juga harus diperhatikan sehingga jangan sampai tiket pesawat terlampau mahal.

"Bayangkan seorang yang tinggal di Tarakan, di Toba, menjadikan ini sebagai bagian dari layanan mereka, akan ke Jakarta dan sebagainya."

"Kalau mereka terkena dengan tarif - tarif yang tidak terjangkau ini kan menjadi hambatan atas pertumbuhan itu. Maka kita harus secara cermat," pungkasnya.

Simak video soal harga tiket mahal yang bikin wisatawan domestik anjlok di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini https://www.cnbcindonesia.com/news/20190425210806-4-68976/terungkap-menko-darmin-yang-ingin-atur-tiket-pesawat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terungkap! Menko Darmin yang Ingin Atur Tiket Pesawat News - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.