Search This Blog

Dana Asing Cabut, Sri Mulyani: Gara-gara Transaksi Berjalan Defisit - detikFinance

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kondisi transaksi berjalan yang masih defisit (current account deficit/CAD). Maka Indonesia selalu mendapat hukuman dari pasar.

Hukuman tersebut adalah aliran modal yang keluar dari pasar Indonesia atau capital outflow. Keluarnya dana segar tersebut untuk mencari tempat yang lebih nyaman dengan berbagai fasilitas fiskal.

"Jadi kalau situasi itu terjadi anda punya CAD anda menjadi sasaran dianggap bisa dihukum dan hukumannya berupa capital outflow dan depresiasi," kata Sri Mulyani di acara Mandiri Investment Forum (MIF) di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (30/1/2019).


Untuk memitigasi melebarnya defisit, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebutkan dengan cara mengurangi impor. Demi menjaga kepercayaan para investor, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) serta lembaga keuangan lainnya terus melakukan konsolidasi.

"Tapi selama masa itu adalah peran pemerintah yang harus sampaikan ke pasar bahwa kita punya kepemimpinan

"Ini yang disebut dengan proses pengambilan keputusan yang kredibel. Walaupun anda harus dalam situasi yang sulit," ujar dia.

(hek/ara)

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4407064/dana-asing-cabut-sri-mulyani-gara-gara-transaksi-berjalan-defisit

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dana Asing Cabut, Sri Mulyani: Gara-gara Transaksi Berjalan Defisit - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.