Search This Blog

KNKT Masih Kumpulkan Data Kecelakaan Lion Air JT-610

Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih berusaha mengumpulkan seluruh data terkait kecelakaan pesawat Boeing 737 MAX 8 registrasi PK-LQP yang dioperasikan oleh Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 pada Senin (29/10).

Wakil Ketua KNKT, Haryo Satmiko menerangkan, pada Senin malam, tim KNKT telah merapat di Kapal Baruna Jaya I milik Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) untuk bergerak ke lokasi. Kapal Baruna Jaya I telah sampai di lokasi pukul 06.00 WIB Selasa (30/10) pagi dan berkoordinasi dengan SAR Mission Coordinator (SMC) Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), TNI, serta Pertamina untuk memulai proses pencarian main wreckage.

"Pukul 09.30 WIB, tim KNKT dan BPPT telah menurunkan Rigid Inflatable Boat (RIB) dengan membawa peralatan multi beam sonar dan ping locator untuk menyisir lokasi yang diperkirakan merupakan titik impact. Hingga laporan ini dibuat, tim KNKT masih berada di lokasi," kata Haryo dalam keterangannya, Selasa (30/10)

Lebih lanjut, dia menyatakan, KNKT menurunkan tim ke Jakarta International Container Terminal II (JICT II) Tanjung Priok untuk berkoordinasi dengan BNPP dan PT Pelindo II guna melakukan pemilahan barang temuan dari lokasi kecelakaan yang telah diturunkan di JICT II. "Pemilahan ini penting untuk menentukan proses investigasi KNKT lebih lanjut," imbuhnya.

Saat ini, terang Haryo, KNKT mendapatkan penawaran bantuan dari beberapa pihak, termasuk Argentina JIAAC (Junta de Investigation de Accidentes de Aviation Civil), Amerika Serikat NTSB (National Transportation Safety Bureau), Singapura TSIB (Transport Safety Investigation Bureau), dan Malaysia AAIB (Air Accident Investigation Bureau).

"KNKT terus berkoordinasi dengan BNPP, Kepolisian, TNI, Kemhub, Kemko Maritim, Lion Air dan seluruh pihak yang tekait dengan kecelakaan ini," tandas Haryo.

Sumber: BeritaSatu.com

Let's block ads! (Why?)

Baca Dong Di sini http://www.beritasatu.com/nasional/519494-knkt-masih-kumpulkan-data-kecelakaan-lion-air-jt610.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KNKT Masih Kumpulkan Data Kecelakaan Lion Air JT-610"

Post a Comment

Powered by Blogger.